Minggu, 18 April 2010

Gw dan boneka tangan


Hari ini gw ngajar anak Sekolah Minggu pake Boneka Tangan..
Itu, boneka yang dimasukin ke tangan, terus ngomong pake suara perut gitu..
Spontan aje sih sebenernya..
Nyampe ruang Guru Sekolah Minggu gw langsung ke Lemari tempat alat-alat peraga disimpen..
Bukan, bukan buat sembunyi maen petak umpet..
Bukan pula untuk nyari Jus Kelapa (Emang ada ya Jus Kelapa?)..
Tapi buat ngadem...
Wakakakakkakaka

Jadi, gw menemukan beberapa boneka tangan untuk alat peraga..
Gw lantas ambil satu dan gw pake buat ngajar..
Gak pake latian, gak pake percobaan..
Langsung aja gitu gw bawa masuk ke kelas gw, dan mulai beraksi..

Gw berperan dobel..
Sebagai Gue sendiri, dan sebagai tuh Boneka..
Namanya TOM ..
Gw sebenernya bener-bener gak kepikiran nama apa buat tuh boneka..
Wong, idenya aja muncul beberapa menit sebelum kelas dimulai kok..
Jadi saat gw en tuh anak-anak nanya siape namenye, langsung aja keinget seorang temen gw..
Udah aje, gw kasi nama Tom...

Gw pakein tuh boneka di tangan kanan gw..
Trus ngomong pake suara perut..
Entah itu suara perut atau tari perut gw gak tau..
Kayaknya lebih ke suara yang gw cempreng-cemprengin deh..
Secara gw gak bisa bedain mana suara perut, mana suara kepala, mana suara idung, mana suara jempol kaki..Bisa nyanyi aja udah cukup deh...(Gaya lo aje, nald,nald...)
Dan gw mulai mengajar anak-anak pake tuh boneka..

Actually, gw agak pesimis sih dengan metode baru gw..
Wong gak ada persiapan gitu kan..
Ditambah kondisi gw masih gak fit..
Tapi ngeliat antusias nya anak-anak gw (Kalo lo ngira ini beneran anak gw, gw pikir lo mesti pertimbangin siapa cewek yang mau beranak sebanyak 12 orang buat gw deh) bersama si Tom, boneka tangan itu, gw coba terusin aja..

Ih, gila....
Gw beberapa kali ganti tangan tuh..
Tangan kanan, tangan kiri, kaki kanan, kaki kiri, sampe idung juga gw pake..
Kalo tuh boneka di tangan kanan, berarti gw nulis di whiteboard pake tangan kiri..
Kalo tuh boneka di tangan kiri, gw nulis pake tangan kanan..
Kalo tuh boneka di kaki kanan, gw sepak terus gw jadiin keset...

Dan peluh pun bercucuran menetes..
Baju gw basah..Celana basah juga?Gak sih..Kalo masalah kecipirit gw masih bisa ke WC kali'..
Pokoke basah dah..(Jadi keinget lagu dangdut)
Dan gw langsung bilang sama anak-anak gini pas capek :

Gw : Adik-adik..Si Tom nya udahan ya?Laoshi pegel nih...
Anak-anak : NGGAK....!!
Gw : (Misuh-misuh sambil becanda) Ih, Laoshi capek tau..Nih, liat keringet laoshi..Udahan ya? (Sambil nunjukin keringet gw)
Anak-anak : Nggak mau, Laoshi!!
Gw : Asem lo semua!!Gw beri juga lo ye??? (YA NGGAK LAH!!Gw mah the next Kak Seto kali'..Hahahahhaha)

Dan tetep lah gw ngajar sampe cerita yang gw sampein selese..
Duh, capek pol, kawan..
Tapi seneng sih..
Seneng karena nggak nyangka aja mereka suka..
Ngeliat antusiasme mereka membuat gw bersemangat..
Terus ngambil parang dan manjat pohon aren buat dijadiin gula merah..
*Relax..Inilah gw, selalu gak jelas

Saat kelas selese dan balik ke ruangan guru,
temen gw yang dampingin gw ngajar tuh anak-anak bilang gini :

Die : Rey..Bagus banget tadi lo pake boneka nya..Kapan lo belajar make boneka kayak gitu?

Gw : (Antara nada cool atau songong selangit) Baru tadi sebelum ngajar gw ambil tuh boneka..Nggak ada latian lagi...


Die : *Diem..Antara kagum atau pengen nyekek gw sepertinya..


Pas duduk sambil maen gitar, gw berpikir (bisa juga yah gw berpikir?),

Kurang baik apa lagi coba ya Tuhan sama gw?Terus aja DIA kasi hal-hal baru untuk gw lakuin..Dan bukan masalah berbakat atau tidak ini mah..Masalahnya, gw mau ngeresponin tantangan-tantangan baru itu atau enggak..(Untungnya gw selalu suka melakukan hal-hal beginian)

Iya lho, guys..
Kadang-kadang banyak tuh orang yang suka membatasi diri sendiri..
Bukan hanya kemampuannya, pergaulannya juga pake dibatasin..
Berteman dan bergaul hanya temen-temen dari geng nya aje..
Gimana mau maju cara berpikir kalo kayak gitu?

Nih, kayak beberapa temen gw..
Nge geng aje terus sama temen2nya..Eksklusif banget..Berasa hanya geng mereka aja yang eksis dan memiliki orang-orang paling bahagia di muka bumi..
Eh, sekalinya berantem, gak teguran sampe sekarang..
Kemudian saat menemukan teman-teman baru, lantas merasa cocok dan belong each other,
pada akhirnya bilang gini :

Ternyata si xxxx enak ya anaknya?Baru tau gw..Orang nya begini, begini, begini..Seneng gw temenan sama dia...

Nah kan....?
Baru tau juga dia ada temen-temen lain yang gak kalah asyik..


Begitu juga dengan kemampuan..
Coba liat gw, kalo gw gak meresponin "tantangan" maen boneka tangan itu, gimana gw bisa tau kalo ternyata gw emang bisa ya kan?
Lagipula, gw juga baru tau kalo ternyata gw bisa make tangan kiri gw juga buat nulis, meski hanya di papan tulis aje..
Lumayan, cui..Bisa membantu gw make ni otak lebih maksimal lagi..
Salah satu cara meningkatkan kemampuan otak itu dengan mengasah kemampuan motorik dengan sisi yang berlawanan dengan apa yang sebenernya menjadi kebiasaan kita..
*Seeeet dah, bahasa gw aseeek punya..wkwkwkwkwk
Itu hasil riset gw sih (Riset ke Mbah Google, maksudnya)..

(sori, bukan nyombong..kalo mau nyombong mah, gw sombongin aje gigi putih gw..Cuma itu satu-satu nya yang selalu gw sombongin..Hahahaha)

So, Open up ur mind..Dont restrict yourself..Then go out of your limit..
Hidup akan jadi makin asoy geboy lah, sob..
Melakukan spontanitas dan tantangan baru setiap hari sehat untuk jiwa..
Trust me........

Ah..Tapi kayaknya gw gak mau make tuh boneka dalam waktu dekat deh..
Capek pol!!!!

Ps. Laoshi = Guru

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Laoshi? bahasa apa tuh..

Laoshi..Laoshi.. mau donk diceritain kisah dongeng Kakek Penabur Bunga.. hihihi

Docpackers mengatakan...

Anonim nih siapa ye?Kagak tau gw..Tinggalin nama kek..Hehehe

Laoshi bahasa Mandarin..

Kakek Penabur Bunga?Carita yang mana ya?Kok baru denger sih?

joe mengatakan...

weis...laoshi, laen kali persiapan dulu dong biar gag pegel2...*pemanasan kali yah itu mah..haha*

keren, jen...
keluar dari zona nyaman untuk mencoba sesuatu yang baru, seru juga...

Docpackers mengatakan...

@ Joe : Iya nih, jo..MEsti olahraga emang..

Iya, Jo..Ayo keluar..(Keluar darimane ye?Wakakakakak