Senin, 05 April 2010

Cerita tentang Pembokat

Bicara tentang pembokat, kayaknya memang perlu banget deh jaman sekarang ini keberadaan private assistant kayak mereka..Gimana enggak, tenaga kita terbatas banget buat ngelakuin semua aktivitas beberes rumah..

Ada keluarga gue yang punya pembokat 3..Malahan lebih kayaknya..Ah, gak tau deh gue..Iye, gue bingung, tuh pembokat buat apa aja sebanyak itu?Apa pake shift-shift segala?Ato masing-masing punya kompetensi yang berbeda-beda?Buset kalo bener..Kirain sekolah aja yang punya standar kompetensi..Di rumah gue aja kagak ada pembokat..Udah nggak ada lagi, tepatnya..Ada yang “udah lulus” dari gelar kepembokatannya, ada yang “pensiun dini”, ada yang kabur, ada yang mau kawin, ada yang dipecat gara-gara bikin kita sekeluarga emosi jiwa raga..

Iye, banyak banget ternyata yang pernah jadi pembokat dirumah gue..Saking banyaknya, susah kalo dirunut satu-satu..Segala etnis keknya pernah kerja di rumah gue..Jadi, salah, kalo loe beranggapan hanya etnis-etnis tertentu yang melakoni profesi seperti ini..Gue pernah ngomong smaa nyokap gue gini,

“Mak, kayaknya kita perlu deh flash back ulang semua yang pernah kerja dirumah kita..Kita fotoin satu-satu, trus kita bikin Galeri foto pembokat..The Coridor of Pembokat’s Picture collection!”

Nyokap gue hanya ketawa aje..Iya, lho..Kayaknya unik aja gitu dirumah gue ada satu studio khusus yang menyimpan kenangan indah or suram bersama para pembokat tercinta itu..

Mari kita lihat siapa-siapa saja mereka :

1.Miss Pucimacing


Gue gak inget, ato lebih tepatnya kagak tau sih nama aslinya siapa..Doi mulai ade dirumah pas gue masih TK tuh..Kenangan gue sama dia nggak banyak yang gue inget..Secara anak TK gitu lho, yang diinget Cuma sore-sore udah pake piyama, makan disuapin, trus muka penuh bedak bayi..Jadi jangan berharap gue cerita banyak tentang doi..Cuma yang pernah nyokap gue cerita adalah, kedodolan doi yang bikin panic orang serumah..

Jadi si Miss pucimacing ini ternyata punya cowok dong!Iye,para pembokat juga punya romansa cinta ternyata..Gue coba menebak-nebak siapa gerang pria itu..Dan pertanyaan itu sepertinya tidak akan pernah terjawab, karena nggak penting banget dan kurang berbobot untuk diulas mendalam disini..Nah, somehow, doi diputusin tuh ama cowoknya..Akibatnya, Entah dirasukin jin dari Alaska ato kepengaruh film-film item putih jadul yang die tonton (Iye, jaman itu masih item putih tipi gue…!!), doi nekat nenggak obat cacing dengan dosis yang gila-gilaan!

Efeknya?Sehari semalem doi pingsan!Gimane orang rumah nggak panic coba?Kalo doi kenapa-kenapa, ntar yang kenanya kan keluarga gue yak?Akhirnya doi kita minta pulang aja ke kampungnya..Soale, kayaknya kita bisa tersiksa deh kalo obat cacing nyokap gue habis diminum or dijadiin snack ame die..Secara gue waktu itu cacingan, jadi obat itu bak arak bagi seorang drunken master buat gue..Makenye gue namain die Pucimacing, putus cinta makan obat cacing!Ade-ade aje..


2. Miss Weny

Nah, ini gue inget namenye..Doi keknya pembokat yang paling lama deh kerja dirumah..Kerjanya bagus, nggak macem-macem, dan ya gitulah..Lumayan cakep untuk kategori seorang pembokat..Sayangnya gue waktu itu masih SD yak, jadi Betharia Sonata gue anggep sama cakepnya sama Atun..Lagian, nggak asyik banget kalo gue jadian sama pembokat gue sendiri..Mending jadian sama pembokat tetangga..Ntar kalo gue ceritain ke anak-anak gue, mereka bisa menjajah gue..

Miss Weny ini termasuk pembantu normal ding..Kagak ada keanehan-keanehan yang bisa dikategorikan kelainan pada diri doi..So, lanjut aje deh ke kontestan berikutnya..

3. Miss Wati
Wah..Ini die nih pembokat yang nyesekin ati dan bikin emosi jiwa raga..Gimane nggak, ternyata doi tuh klepto!Asli, gak bisa ngeliat ada duit nganggur aja, udah lenyap dia bikin..Kita orang rumah tuh nyadarnya lamaaaaaa banget sebelum kejadian yang emang udah gak bisa dimaafkan lagi..

Jadi suatu hari yang indah kala surya tenggelam di ufuk barat, dompet kakak sepupu gue ilang dong..Pas banget miss Wati ini baru aja pulang kampung..Otomatis kecurigaan kita sama doi..Setelah lama nggak balik-balik kerumah dari ijin pulkam nya itu, kita suratin dia yang isinya kira-kira minta dia kembaliin dompet sama surat-surat berharga kakak gue itu..Kalo nggak, kita laporin polisi..

Dan emang bener die dong pelakunya..Akhirnya dia kirim balik tuh dompet..Uangnya udah nggak ada lagi sih emang..Tapi nggak apa-apa, paling nggak surat2 berharga kakak gue masih ada..So, untuk Miss Wati ini statusnya adalah kita pecat dengan tidak hormat..Gile aje, sekarang ini duit..Besok surat tanah..Lusa, pohon jambu depan rumah pun bisa dia embat kali kalo semua udah diporotinnya..


4. Miss Sobos

Sama halnya kayak Miss pucimacing tadi..Gue lupa dah sape namenye..Yang jelas, termasuk pembokat terdodol dah yang keluarga gue punyain sepanjang sejarah..Bayangin aja, doi tuh gila banget makan sayur..Suer deh gue, tuh sayur sebelanga bisa abis dia bikin sendiri sambil nonton telenopela! Jaman dulu kan marak-maraknya telenopela tuh..Kayak nyenek kacang atom aje..Belom lagi tingkahnya yang sok nge bos..Makenye gue namain die sobos..

Prosesi die ngebos seperti ini, die taro tuh sayur ke mangkok gede..Trus, die idupin tipi dan duduk di singgasananya..Singgasana disini adalah kursi sofa yang ada tepat didepan tv..Kalo udah dengan posisi macam itu, doi sama sekali nggak bisa diganggu gugat..Bahkan oleh gue dan sodara-sodara gue yang kasarnya bisa dibilang majikan mudanya.. Antrum!Yang punya rumah siape coba?


Jadi, someday, nyokap gue yang udah geram banget sama ni orang, mulai keluar deh keajaibannya..Iye, nyokap gue itu juga suka melakukan sesuatu yang nggak disangka-sangka..Makanya, wajar aja kalo gue seeror ini..Hehehe..Sore itu, begitu Miss Sobos ini udah nyiapin menunya dan siap-siap menuju singgasananya, nyokap gue langsung menghempaskan diri ke tuh kursi..Nyokap gue pengen liat apa reaksinya..Dan tau apa reaksinya?miss sobos ini nahan marah dong..Keliatan banget keselnya..Gila!!Kayaknya dia ngerasa udah berganti peran deh sama nyokap gue buat jadi bos dirumah ini..Terang aja doi pun dipecat..

Ternyata, selain itu, doi ternyata hobi banget maen gaple..Okelah ya kalo kerjaannya dah beres gak papa..Tapi doi lebih mentingin maen gaple dong ketimbang ngerjain pekerjaan rumah..Belum lagi doyan banget taruhan sama gue en adek-adek gue..Bayangin dong!!!Anak-anak seumuran gue diajarin judi?Dimaana letak logikanyaaaa??Dimana, anak muda????Begitu dia pergi, kayaknya tuh kursi auranya lebih baik deh..Huakakakak


5. Mbak Meneh

Meneh itu bacanya dengan logat jawa yak..kayak baca kata permen..E yang pertama beda sama e yang kedua..Kenapa meneh?Iya, soale sedikit-sedikit begitu disuruh, doi ngomongnya, “Opo meneh…” Sejak menyadari hal itulah kami sekeluarga mendaulat dirinya bernama Mbak Meneh, meski kagak pake bubur merah en bubur pink..Yang akibatnya, kami semua jadi kagak tau beneran nama aslinya sapa..Ck..ck..ck..Pelajaran yang bisa loe ambil disini adalah, punya panggilan baru buat seseorang bisa membuat loe lupa ingatan..

Mbak ini mulutnya lebaaaaaaarrr sekali..Iye, kagak senyum aja udah lebar..Apalagi pas die senyum..Waduh, gue sampe bingung tuh bedain mana bibir mana kuping..Satu garis sih..Yang jelas dia nggak gimana-gimana juga..Kerjanya lumayan bagus, meski gak expert-expert banget..


6. Miss Rina et Miss Tubur et Miss Rita et Mr.Tercang

Kaget kenapa banyak?Iya, kali pertama nih dirumah gue ada pembokat sebanyak ini..Bukan berempat sekaligus sih..Tapi ganti satu tumbuh sejuta..Sejuta susahnya..hahahaha

Nah, awalnya sih hanya ada Miss Rina dan Miss Tubur ini (Bacanya Tubur ya, bukan pake ‘D’)..Tapi gak tau kenapa, tiba-tiba aja miss Tubur kabur pagi-pagi buta..Kagak tau kita kemana, kaayaknya sih langsung balik ke kampungnya..Bingung gue kenapa bisa kabur..Yang pasti cerita kaburnya ini sinetron banget dah..Gue kasi judul Pesan dari Pembokat yang Kabur..Karena itu gue kasi nama tubur, tukang kabur..Sinetron soalnya, sepeninggal dia kabur itu, ternyata doi ninggalin sebuah pesan wasiat dong!!Iya, pesan..Meski nulisnya didinding kamar, tapi tetep itu sebuah pesan, bung!Hebat, pembantu jaman sekarang keren-keren juga dramatisasinya yak?
Isi pesannya kira-kira begini,

“ Aku mau pulang..Aku nggak bisa disini..bla bla bla..”


Lupa gue..Yang jelas pake bahasa sinetron lah (Oya,sinetron jaman sekarang makin nggak biasa aje..Shootnya dari dekeeeeeet banget sampe berasa hamper ketelan tuh pemain ama kita saking deketnya..)

Begitu doi pulang, kasian juga sih Miss Rina ini sendirian..Akhirnya kita minta aja dia bawa adeknya, yaitu si Miss Rita..Miss Rita ini ternyata manja abis..Jarang gue ngeliat doi kerja..Kerjaannya ngomongin yang nggak penting en makan kwaci mulu..Gue jadi berpikir, apa doi ini yang menyebabkan gue doyan makan kwaci yak?

Nah, ternyata mereka berdua ini minta sama nyokap gue agar adeknya yang cowok yang masih smp gitu dibawa juga kerumah..Nyokap gue sih ok-ok aja..Dan akhirnya diboyonglah mr.Tercang ini kerumah..Mau tau kenapa gue kasi nama Tercang?Karena emang sesuai dengan dirinya..Ternyata Cacingan!

Yup!Die ini cacingan..Nyokap gue, entah karena bakat indera keseribunya mengenai cacing-mencacing sudah ngelotok banget ato karena di jidat tuh anak ada tulisan ‘Yes!im cacingan..What about you?’ langsung ngasi obat cacing dan nyuruh die minum..Dan begitu perutnya mengalami reaksi untuk bokir, cacing yang ada keluar semua dong..Buset!Gue aja sambil ngetik ini menggelinjang bayanginnya..Wajar aja die kuruuuuuuuussss banget..Begitu udah gak cacingan lagi, doi jadi lebih berisi..Tapi kayaknya tuh cacing bermigrasi ke gue deh?Gue tetep aja kurus begini..

Mengenai mereka bertiga, gue udahin aje deh..Gak inget lagi gue..Yang jelas, diantara mereka, paling beres ya Cuma Miss Rina itu..yang lainnya palingan nambah beban..Makanya Gue sekeluarga jadi cacat mental gini..Hahahahha


7. Oma Hau siang-hau siang

Jujur, inilah pembokat terjebot yang pernah ada dalam dinasti keluarga gue, sekaligus pembokat pertama yang kagak tinggal dirumah..Iya, biasanya kan pembokat itu tinggal dirumah gue, nah kalo oma hau siang-hau siang ini datang pagi, pulang sore..Tak dijemput dan tak diantar....Jreng!(Mengalun musik horor)

Doi ini udah tua banget..Jauh lebih tua ketimbang nyokap gue..Doi adalah etnis Tionghoa, dan kembali gue kagak tau nama aslinya sapa..Gue namain hau siang-hau siang karena gue suka lagu mandarin itu..Hau siang-hau siang…Hau siang-hau siang..Hau siang-hau siang he ni ca yi ci….Hehehehe..teuing ah..Yang penting lagunya enak..Ya begitulah..Mau kasi nama Aling, gue takut ntar salah ngomong jadi Juling..Mau panggil Ling-ling, gue kuatir keinjek beling..Jadi ya udah, Oma Hau Siang-Hau Siang aja..(Jaman ini, belum ada serial San Cai..Kalo udah ada, doi gue kasi nama Tao Ming She dah..)

Keunikan Oma Hau siang ini adalah, doi kagak suka ngomong..Nggak pernah gue ngomong ama dia..Sama nyokap juga jarang kayaknya..Oma ini yah, entah karena apa, kalo masak dirumah itu bisa dipastikan menu andalannya Cuma satu : KECAP! Ya, semua menu yang dia bikin jadi menu kecap..

Ikan kecap, ayam kecap, daging kecap..Semuanya kecap, bos!Jadi gak heran kalo lo dulu datang ke rumah gue, wajah Lubis Family udah kayak botol kecap..Ato kronisnya, udah keliatan kayak burung bango, merk kecap keluarga gue saat ini..(hmmm..Sepertinya gue boleh ngajuin diri sebagai tim promosi nih kecap..Kira-kira dibayar berapa ya gue?Hahahaha)

Loe aja kalo dikasi menu yang sama tiap hari pasti bosen dong yah?Makanya, selain karena kita juga nggak tega ngeliat oma-oma itu masih kerja di hari tuanya, akhirnya nyokap gue minta dia balik aja dan beristirahat dengan tenang..Eh..eh..eh..bukan koit ye?Maksudnye beristirahat menikmati hari tuanya dirumah..Tapi kenapa sampe sekarang gue tetep ngerasa alasan utama doi nggak kerja dirumah kita adalah karena kecap itu tadi..Ntar gue Tanya nyokap deh …

Nah, setelah ini, gue udah gak inget lagi dah sapa-sapa aja yang pernah menikmati status sebagai pembokat dirumah gue ini..Jadi gue akan ceritain tanpa memandang urutan keberadaan mereka…


8.Miss Quick dan Miss Quick Banget

Sumpe deh gue..eh, seriusan deh gue..Ni 2 orang adalah pembokat paling sebentar yang pernah tercatat namanya dalam dunia perpembokatan keluarga Lubis..Yang satu hanya bertahan 2 hari..Yang kedua malah lebih parah lagi, kagak nyampe 24 jam, udah minta balik!Dunia ini memang kejam, kawan..

Gile, nggak jelas dah alasannya kenapa bisa secepat itu..Seriusan..Perasaan kagak diiket ato dirajam deh, tiba-tiba minta balik aje..Ya sudah, karena Miss Quick banget itu sampe nangis-nangis megang bonekanya minta balik, ya sudah kita biarin dia balik..Ada-ada aja..Baru kali ini nemu pembokat yang bawa boneka..Jangan heran kalo someday ada pembokat yang bawa piaraan anjing golden ato piranha mesir ke rumah loe..


9. Kak Sabet

Nah, dari semua pembokat yang ada, doi lah yang paling mantep!Paling baik, paling rajin, paling gigih, paling disayang sama keluarga gue..Gimana nggak sayang, semua kerjaan dia lakuin dengan senang..Nggak disuruh, udah beres aja kerjanya..Malahan, doi bisa tuh ngangkut sendiri spring bed dari lantai bawah ke atas..Sendiri!

Semua baju rapi..Rumah bersih..Makanan selalu ada..Malahan, kayaknya nggak pernah deh doi istirahat..Nyokap sering banget marahin kak sabet ini hanya buat nyuruh doi istirahat..Malah, kalo makan siang pun, nyokap gue sampe naro nasi en lauknya sendiri buat dia agar dia mau makan..

Adek gue yang bontot juga sayang banget sama doi..Sedikit-sedikit minta apa-apa sama doi..Nyokap tenang banget kalo ninggalin adek gue sama dia..Pola makannya pasti terjaga, meski dia sendiri nggak bisa jaga pola makannya..Tapi yang menarik adalah, semua orang di gereja gue juga sayang tuh sama doi..Doi tuh emang ramah dan rajin banget..Semua orang berharap banget punya pembokat kayak doi..

Makanya, gaji doi nyokap gue kasi jauh lebih gede dari apa yang orang lain kasi..Malahan, lebih gede kayaknya dari uang bulanan gue..Hahaha..Dan perlakuan doi ke anak-anaknya sama aja..Kalo kita dapet baju baru, doi juga..Kualitas bahannya juga bukan yang sale-sale murahan gitu buat k sabet ini..Kalo kita dapet kualitas yang bagus, doi juga pasti sama..Udah dianggap anak sendiri sama bonyok gue..Dan doi juga manggil bonyok gue ‘Pak Tua’ dan ‘Mak Tua’..Yang berasal dari kata Bapatua dan Inangtua yang dalam bahasa batak berarti panggilan kepada om or tante dari bokapnya..Bingung nggak loe?hahahaha..Mengenai silsilah dalam keluarga Batak cukup merepotkan juga sebenernya..Tapi budaya itulah yang membuat kita kaya bukan?Halah!

Kenapa doi bisa manggil gitu?Karena awalnya doi tuh pembokat Bapauda gue..Nah, begitu Bapauda gue pindah ke Jakarta, dia nggak mau ikut karena kejauhan dari keluarganya..Jadilah dia kerumah kami..Karena anak-anak Bapauda gue itu manggil bonyok gue ‘Pak Tua’ dan ‘Mak Tua’, doi juga manggil gitu...


Sayang, sekarang doi udah gak dirumah lagi..Waktu itu sakit kalo nggak salah katanya, jadinya dia pulang kerumahnya..Kehilangan banget kita..Soale kehadirannya tuh bener-bener melengkapi keluarga kita..Ya dari 7 jadi 8..hehehe..Tapi kalo emang itu pilihannya, yah, kita sekeluarga dengan berat hati ngeikhlas-in..


10. Miss Getede


Iya, gue gak tau namanya..Makanya namanya gue kasi ga tau deh..Ini pembokat juga nyokap gue terima karena kasian aja..Soale dari orang yang kurang mampu dan punya anak kecil..Gue gak pernah ketemu karena keberadaannya dirumah gue Cuma sebenttar dan itupun pas gue masih di Bandung..Jadi gue kagak tau sama sekali makhluk ini seperti ape..

Bicara tentang doi, kata nyokap gue, sama aja kagak ade artinye mempekerjakan doi dirumah..Iye, bayangin nih, kalo nyuci piring, masih aja ada sabunnya..Masih keliatan kotor..Gitu juga dengan panci-panci dan alat masak lainnya..Jadinya, tetep aja nyokap gue yang nyuci ulang lagi..

Nyetrika baju sama juga..Ngabisin listrik gak sih kalo nyetrika dua kali?Ya gitu, baju-baju semua kagak pernah rapi!Malahan, size celana jadi banyak doi bikin..Size disini maksudnya adalah lipetan-lipetan yang ada di celana itu..Mengenai nyapu en ngepel sebelas duabelas juga..tetep aje nyokap gue yang nyapu en ngepel sendiri lagi..So, sia-sia banget..


11. Miss Ati

Miss Ati ini adalah pembokat terakhir yang ada baru-baru ini dirumah gue..Yang paling kentara dari doi adalah wajahnya itu..Iya, loe pernah liat orang yang mukanya seolah tertawa nggak?Meski nggak tertawa, tapi tetep keliatan kayak ketawa yak an?Nah, Miss Ati ini sebaliknya..Wajahnya itu kayak orang nangiiiiiiiiiissss aja terus..Baru kali ini gue nemu orang yang punya ekspresi wajah kayak gitu..Padahal nama panjangnya adalah Ceriati..Aturannya si Ati ini Ceria gitu dong yah?Tapi malah sebaliknya..Jadinya, gue bilang sama nyokap gue gini,

“Mak, ntar nyuruh Ati itu baik-baik yah..Daripada ntar dia nangis terus…”

Beneran, kita sekeluarga awalnya takut kalo ngobrol sama dia, bawaannya nangis aja terus..Ntar yang ada malah kita ikut-ikutan nangis kan nggak lucu..
Masa’ percakapan nyokap gue dengan die jadi seperti ini? :

Nyokap gue : “HHuuu…Ati, tolong setrikain baju ibu ya…”
Ati : “Whuuuuaaa…Baju yang mana, bu..?
Nyokap gue : “Hiks..Hiks..Baju buat ke Rumah Sakit..Huuaaaa….”
Ati : “Nnnngggeeeeennnnngggggg..Whuaaaa…Iya, bu…”

Asli, nggak banget dah..

Uniknya dia lagi adalah, kalo tidur tuh kebo banget..Bukan kayak kebo wajahnya, tapi kondisinya..Gak mungkin Miss Ati ini bisa kayak kebo, badannya kecil gitu kok..Dipites sedikit aja udah jadi sambel kayaknya..

Kita taunya pas balik dari luar kota sekeluarga malem-malem..Kan doi jaga rumah tuh..Nah, kita ketokin rumah, kagak dibuka..Kita gedorin pintu ama jendela, tetep gak dibuka..Kita tembak pake bazooka trus kita tembakin misil en rudal dari jarak dekat juga nggak dibuka..hehehe..Pokoke, diteriakin dari jendela nggak dibuka..Begitu diintip keruang keluarga, rupanya doi tidur dong..Kecapekan kali ya..Pengen deh gue ajakin backpacker ke Timbuktu tu anak..Untungnya, adek gue bawa kunci pintu depan..Jadinya kita bisa masuk..Dan dodolnya adalah, meski kita ribut-ribut mondar-mandir disekeliling dia bawa belanjaan, tetep kagak bangun..Wah, kali ini bukan ke Timbuktu deh, ke Uranus aje sekalian..


Hah!Balada pembokat emang ada-ada aja..Susah banget nyari pembokat yang kayak Miss Weny or Kak Sabet entu..Kasian nyokap gue..Udah capek praktek, mesti ke rumah sakit kerja, ikut kegiatan-kegiatan gereja, mesti doi juga yang ngerjain semua pekerjaan rumah..

Tapi ya, pembantu itu manusia juga lho..Mereka ada dirumah bukan buat ngerjain semua kerjaan dirumah..Tapi meringankan pekerjaan..Dari katanya aja udah berarti Orang yang Membantu..Jadi salah besar kalo ada orang yang bersikap seenaknya memperlakukan en nyuruh-nyuruh mereka..Gue ama adek-adek gue aja kalo nyuruh pembantu pasti dimarahi nyokap..Nyokap pasti bilang,

“Emang kalian yang bayar Mbak xxx?Sana, selama masih bisa kalian kerjain, kerjain sendiri..Jangan sedikit-sedikit nyuruh..”

Abang gue sih nggak pernah dimarahi, soale die anak yang berbakti pada UU perpembokat-an..Gak pernah bersikap arogan sama pembantu..Beda ama gue en adek-adek gue yang kampret banget..Eh, gue aja kali deh..Adek-adek gue meski tengil-tengil, rajin juga kalo kerja..hehehe

Dan sekarang udah ada peraturan tentang pembantu lho..Gue nggak inget sepenuhnya apa, Cuma yang pasti, usia pembantu nggak boleh kurang dari 15 tahun..Belum lagi jam kerja mereka sehari nggak lebih dari 10 jam..Terus, dalam seminggu, mereka mesti punya 1 hari kosong..Itu belum yang ngatur tentang system upah mereka..Jadi, lo bener2 gila lah kalo sampe bersikap nggak manusiawi sama para pembantu..


Thanks God, Bokap ama Nyokap gue ngajarin kesetaraan kita-kita anak-anak mereka, bahwa kita sekeluarga sama sebagai manusia di mata Tuhan dengan pembokat di rumah..Kalo makan, pasti makan bareng, termasuk pembokat kita duduk satu meja..Kalo ada berkat dapet makanan enak, mereka juga berhak merasakannya..Kalo kebaktian keluarga, mereka juga ikut (Ini Wajib!Kalo nggak, nyokap gue pasti seharian ngomel-ngomel nggak jelas..Hehehe)..Kalo nonton TV sambil becanda-becanda, mereka juga ikut ngumpul, kecuali kalo mereka pengen istirahat..Ya pokoknya gitu lah..Nggak ada tuh istilah pembedaan..Malahan, kalo kerjaan nyuci piring, adek gue yang lakuin..Nyuci baju (pake mesin cuci sih), adek gue yang lain yang ngerjain..Gue bantuin bikin susah aja di rumah..Hahahaha..

Pelajaran yang bisa loe petik disini adalah…

Pembokat bukan hamba lho..Kita aja yang hambaNya Tuhan aja dikasih kebebasan buat nentuin kita jadi seperti apa dan mau melayani Tuhan seperti apa, masakan kita nggak bisa bersikap baik juga ke mereka?

Sikap kita ke pembokat semestinya sama baiknya saat kita bersikap dengan keluarga or orang-orang yang kita sayangi dan hormati..Bukan hanya karena memang seperti itu yang diinginkan Tuhan, tapi memang harus kayak gitu kan?


Ah....
Mau Belajar....

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Like this postiiiiingggg....
*jempol, jempol*
Bikin ketawa-ketiwi dari awal sampe akhir

=Jejak Kedua=