Jumat, 07 Mei 2010

Becanda

Tadi pagi gw bangun jam 5 lewat berape gitu..
Langsung ngecek email en fesbuk..
Beginilah kalo sudah terlalu banyak terkontaminasi teknologi..
Bangun tidur bukannya nyari Tuhan dolo, malah laptop..
Tobat....

Saat ngecek fesbuk, ternyata ada message..
Pas gw baca, gw agak-agak shock juga sih...
Itu message dari nyokap nya temen gue, dan marah-marah ke gw..
Gw dibilang menghina temen gw dan gak punya tata krama...
Gimana gak shock coba kalo ada orangtua yang marahin elo kayak gitu..

Jadi ceritanya begini..
Temen gw itu ada foto sama temen-temennya dan dimasukin ke fesbuk..
Actually, tuh foto bagus banget..Gw suka..
Cuma namanya temen, meski gw suka, tetep aje gw becandain dengan bilang kalo itu foto lebih bagus kalo gak ade temen gw itu..Gw pikir, becanda nya gw masih wajar lah, toh di akhir comment gw itu gw selipin kalimat ketawanya gw..Dan temen gw tau banget itu becanda..
Nah, nyokap nya temen gw itu yang gak terima..
Gw dibilang menghina, becanda harus pake tata krama dll...
Gw langsung sms temen gw minta maaf dan gak mau becanda lagi ke die..

Dalam keadaan begitu, gw langsung ambil gitar en nyanyi lagu Rohani...

"Saat kutak melihat jalanMU..Saat kutak mengerti rencanaMU......"

Yah, biasalah kalo ada apa aja gw larinya ke Tuhan..
*Mungkin cuma ini kali sisi positif nya gw ye?
Heheheehhee

Gw liatin lagi comment gw ke temen gw itu..
"Duh, rasanya becanda gw masih wajar deh...Apanya yang salah yak?"
Masih bertanya-tanya terus gw tuh sampe di kampus..
Begitu di kelas, gw langsung share ke temen-temen gw nanyain pendapat mereka..
Gw pengen tau dimana letak gw menghina dan merendahkan temen gw itu..
Saking napsunya gw nanya mereka, gw sampe migrain dong..
Sohib gw sampe ketawa ngeliat gw mijet-mijet kening gw..

Gimana enggak migrain, teman..
Gw dibilang nggak punya tata krama..
Secara gw di didik dalam budaya Batak yang sangat kental..
Dimana ada istilah TAROMBO yang berarti bagaimana seorang Batak yang satu bersilsilah dan mempunyai kedudukan dalam sistem kekerabatannya dengan Batak yang lain..
Jadi, ada rasa gak terima kalo dibilang gak punya tata krama..
Ditambah lagi, pas SMA gw sekolah di kampus yang ngajarin sopan santun..Malah, terlalu sopan kali gw rasa..Membuat susah mengekspresikan kemarahan...

Lantas gw teringat akan seorang sahabat gw..
Saban kali ngomen status gw or balas ngomen Wall di fesbuk, selalu pake bahasa "NAJIS", "ANJING", "SETAN", "MATI AJE LO...", dll..
Nggak pernah gw marah tuh or hard feelings..Karena gw tau, die ngerasa kite dekat dan dapat berekspresi dalam becandaan yang bagaimanapun juga ke gw..
Malah gw ketawa-ketawa en lucu ngeliatnya..
Gw juga inget kalo temen-temen milis suka becandain gw dengan bilang tukang ngupil lah, sableng lah, gak waras lah, dll...
Dan gw tau banget itu becanda..
Tapi kenapa gw dibilang gak punya tata krama ya?
Sedih banget gw...

Memang, seringkali orangtua dan orang yang muda memiliki pandangan yang berbeda..
Yang satu mengira begini, yang lain mengira begitu..
Banyak gak sepaham dan gak sejalannya..
Tapi hemat gw begini deh, yang tua sebaiknya mencoba mengerti sudut pandang orang yang muda..Kok gitu?Ya iya, sebab mereka kan sudah melewati fase sebagai yang muda..Jadi mestinya tau bagaimana cara berpikir anak muda itu..Anak muda mana bisa mengerti orang yang lebih tua, karena mereka belum pernah melewati fase ini..

Lah, trus anak muda keenakan banget dong dimengertiin terus?
Ya enggak, peran anak muda ya memahami bahwa ada perbedaan jaman (yang tentunya mempengaruhi cara berpikir) dan mencoba memberi pengertian kepada orang yang tua tentang apa yang anak muda ini maksudkan, dengan tetep menunjukkan rasa hormat..


Gw keinget pas SMA kelas 3, dimana gw difitnah adik kelas gw..
Die bilang gw ngasi nasi sisa gw ke die sama guru-guru..
(Gw sekolah berasrama, jadi makan pagi,siang dan malam bersama-sama seluruh siswa)
Malemnya, wakil kepala sekolah "nyeret" gw ke belakang kantin dan marahin gw..
Kalimatnya gak enak banget, tapi gw hanya cengo' aje karena shock..
Trus gw jelasin ke wakasek itu dengan baik-baik, meski menahan emosi..
Setelah gw jelasin kejadian sebenernya dan menawarkan memanggil saksi-saksi yang melihat kejadian sebenarnya, doi hanya diam dan nyuruh gw duduk kembali..

Saat gw crosscek ke seorang guru yang deket dengan gw, ternyata semua guru dengernya begitu..
Kalo gw gak punya tata krama, gw bisa aja langsung masuk ke ruangan guru dan komplen ke mereka..Nyumpah-nyumpahin mereka karena bilang gw kayak gitu..
Tapi enggak gw lakuin...
trus, gimana dong caranya supaya mereka tau gw gak suka dengan sikap mereka?
Gimana dong caranya supaya mereka tau gw marah dan gak terima diperlakukan gitu?
Alih-alih marah, gw bikin puisi ngritik sikap mereka..
Jadinya malah karya seni...
Hahahahaahhaha

Ada cara-cara elegan dan berkelas dalam menunjukkan kemarahan dan ekspresi kalo emang udah gak bisa ditahan lagi..Sebisa mungkin tetaplah kalian (Gw en sodara-sodara gw) berbuat baik sama yang jahatin kalian, karena dengan begitu, kalian sudah menimpukkan bara api di atas kepalanya...
(Maksud majas ini = balas kejahatan dengan kebaikan)

Itu yang bonyok gw bilang..


So, teman....
Kalo kalian becanda sama temen-temen kalian, entah yang muda ataupun yang tua, mungkin sebaiknya dijaga deh kalimatnya..Karena bisa saja orang lain menginterpretasikannya berbeda..
Jangan sampe mengalami kayak yang gw alami...

1 komentar:

Anne Paulin mengatakan...

Nice post. Likes this. Masukin ke milis dong, Van, biar bisa inspire yang laen :)